Contoh Proposal Aplikasi Wisata Berbasis Android dan iOS


Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh proposal penelitian.
Proposal berikut ini bersifat fiktif namun bisa diimplementasikan secara nyata dengan menambahkan elemen-elemen tertentu.aplikasi Navigasi wisata indonesia berbasis android dan iosPendahuluan1.1. latar belakang masalahKekayaan alam Indonesia sangat banyak, tapi tak banyak yang mengetahui tempat – tempat yang tak kalah populer dengan objek wisata yang sangat populer seperti Pantai Gondo Mayit, Pantai Jonggring Saloko, dll.Perkembangan teknologi informasi sangat cepat seiring dengan kebutuhan akan informasi dan pertumbuhan tingkat kecerdasan manusia. Saat ini telah banyak sistem informasi yang digunakan untuk menunjang dan menyelesaikan suatu permasalahan yang biasanya timbul dalam suatu organisasi, perusahaan atau instansi pemerintahan.Sistem informasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari suatu organisasi ataupun instansi agar lebih efektif dan efisien serta mudah dalam penerimaan informasi yang ingin disampaikan. Begitu juga dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) yaitu teknologi yang menjadi alat bantu dan sangat esensial untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan kembali kondisikondisi alam dengan bantuan data atribut dan keruangan.Android dan iOS adalah sistem operasi pada smartphone dan juga pc tablet. Android merupakan hasil karya google sedangkan iOS hasil karya Apple. Sistem operasi yang sudah terintegrasi dengan Google Search, Google Mail, Google Maps dan juga Google Docs. Integrasi teknologi mobile GPS memungkinkan dikembangan aplikasi mobile SIG yang interaktif. Dukungan prosessor yang canggih serta kapasitas memori yang besar akan menjadikan smartphone menjadi handal. Smartphone yang telah tersedia aplikasi SIG berbasis Android akan menjadikan gadget yang wajib para wisatawan miliki.1.2. INDENTIFIKASI MASALAHBerdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas/diteliti dalam SKRIPSI ini dirumuskan sebagai berikut: a.   Bagaimana merancang aplikasi informasi lokasi wisata di di Indonesia Berbasis berbasis Android dan iOSb.   Bagaimana memanfaatkan Google API khususnya Maps API untuk penentuan lokasi dan rute lokasi wisata di Indonesiac.   Bagaimana merancang aplikasi Android dan iOS agar pengguna dapat mencari jalur wisata indonesia yang diinginkan1.3. BATASAN PERMASALAHANAdapun batasan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:a.   Aplikasi Android dan iOS tentang informasi lokasi Wisata di Indonesia.b.   Aplikasi ini memanfaatkan Maps Api dari Google yang digunakan untuk penentuan wisata dan rute dari posisi user menuju lokasi.c.   Aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman Java untuk Android dan Objective-C untuk iOS.1.4. RUMUSAN MASALAHBerdasarkan uraian dalam latar belakang, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :a.   Bagaimana mengumpulkan berbagai informasi tentang objek wisata di seluruh Indonesia?b.   Bagaimana merancang aplikasi tersebut?c.   Bagaimana mengelola aplikasi terseut agar tetap terupdate sehingga pengguna mendapatkan informasi tentang objek wisata yang tersebar di seluruh Indonesia?1.5. Tujuan PenelitianTujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi lokasi wisata berbasis Web GIS di Indonesia yang dapat digunakan oleh  pihak lembaga maupun masyarakat untuk mendukung pengembangan wisata di Indonesia.1.6. Kegunaan PenelitianDengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain:a.   Sebagai penambah wawasan dan meningkatkan kemampuan pengguna, khususnya dalam bidang pemrograman dan aplikasi berbasis opensource.b.   Mempermudah Masyarakat Umum memperoleh informasi Lokasi Wisata di Indonesia meliputi peta lokasi, deskripsi, foto galeri obyek serta kontak (Telepon rumah, telepon genggam, Email) di Indonesia.c.   Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk menuju ke lokasi wisata melalui peta dan rute terdekat.d.   Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memilih jenis wisata (pantai,pegunungan,dll) dan lokasi pada tempat yang direkomendasikan yang ditawarkan.BAB IILANDASAN TEORI2.1. PENGERTIAN2.1.1 APLIKASIPerangkat lunak aplikasi yaitu perangkat lunak yang digunakan untukmembantu pemakai komputer untuk melaksanakan pekerjaannya. Jika inginmengembangkan program aplikasi sendiri, maka untuk menulis program aplikasitersebut, dibutuhkan suatu bahasa pemrograman, yaitu language software, yangdapat berbentuk assembler, compiler ataupun interpreter. Jadi language softwaremerupakan bahasanya dan program yang ditulis merupakan program aplikasinya.2.1.2 PARIWISATAPariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untukrekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan palingtidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakandefinisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.2.1.3 GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)2.1.3.1 SISTEM NAVIGASI GPSGPS adalah sistem radio navigasi dan penentuan posisi denganmenggunakan satelit navigasi yang dimiliki dan dikelola oleh DepartemenPertahanan Amerika Serikat.2.1.3.2 SEGMEN PENYUSUN SISTEM GPSSistemGPS tediri atas tiga segmen utama, yaitu segmen angkasa (spacesegment), segmen sistem kontrol (control system segment), dan segmen pengguna(user segment).2.1.3.3 SINYAL GPSSinyal GPS yang dipancarkan oleh satelit-satelit GPS menggunakan bandfrekuensi L pada spektrum gelombang elektromagnetik. Setiap satelit GPSmemancarkan dua (2) gelombang pembawa yaitu L1 dan L2 yang berisi data kodedan pesan navigasi.2.1.3.4 PENENTU POSISI ABSOLUT DENGAN GPSPenentuan posisi dengan GPS adalah penentuan posisi tiga dimensi yangdinyatakan dalam sistem koordinat kartesian (X,Y,Z) dalam datum WGS (WorldGeodetic System) 1984.2.1.3.5 FORMAT DATA KELUARAN GPSReceiver GPS memiliki format keluaran sebanyak lima (5) jenis yaituNMEA 0180, NMEA 0182, NMEA 0183, AVIATION, dan PLOTTING. Formatdata tersebut ditetapkan oleh NMEA (National Maritime Electronic Association)dan dapat dikoneksikan ke komputer melalui port komunikasi serial denganmenggunakan kabel RS-232.2.1.3.6 CARA KERJA GPSNavigasi satelit didasarkan pada jaringan global satelit yang mengirimkansinyal radio di orbit bumi menengah. Pengguna Navigasi satelit paling akrabdengan 24 Global Positioning System (GPS) satelit. Amerika Serikat, yangmengembangkan dan mengoperasikan GPS, dan Rusia, yang mengembangkansistem serupa yang dikenal sebagai GLONASS, telah menawarkan sistem bebasmenggunakan masing- masing kepada masyarakat internasional.2.1.4 LAYANAN BERBASIS LOKASI DAN PEMETAAN DI ANDROIDFitur yang semakin terjangkau dan populer pada piranti bergerak adalahkemampuan GPS. GPS memungkinkan piranti Anda memberitahu lokasi pirantisetiap saat. Fungsi utama GPS adalah untuk pemetaaan dan pencarian lokasi danarah, tapi dengan sedikit kreativitas, Anda bisa memanfaatkannya untuk hal lain,2.2. ANDROID2.2.1 PENGERTIAN ANDROIDAndroid adalah kumpulan perangkat lunak yang ditujukan bagi perangkatbergerak mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi kunci.32.2.2 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ANDROIDPada mulanya terdapat berbagai macam sistem operasi pada perangkatselular, diantaranya sistem operasi Symbian, Microsoft Windows Mobile,MobileLinux, iPhone, dan sistem operasi lainnya.2.2.3 THE DALVIK VIRTUAL MACHINE (DVM)Salah satu elemen kunci dari android adalah Dalvik Virtual Machine(DVM). Android berjalan di Dalvik Virtual Machine (DVM) bukan di JavaVirtual Machine (JVM), sebernarnya banyak persamaan dengan Java VirtualMachine (JVM) seperti Java ME (Java Mobile Edition), tetapi androidmenggunakan Virtual Machine sendiri yang diskostumisasi dan dirancang untuk3 Donald Fekker, 2011, h. 9 memastikan bahwa beberapa fitur-fitur berjalan lebih efisien pada perangkat mobile.2.2.4 ANATOMI ANDROIDDalam paket sistem operasi Android tediri dari beberapa unsursepertitampak pada gambar 2.3. Secara sederhana arsitektur Android merupakansebuahkernel Linux dan sekumpulan pustaka C / C++ dalam suatu frameworkyangmenyediakan dan mengatur alur proses aplikasi.2.2.5 KOMPONEN APLIKASIFitur penting Android adalah bahwa satu aplikasi dapat menggunakanelemen dari aplikasi lain (untuk aplikasi yang memungkinkan).2.2.6 TIPE APLIKASI ANDROIDAda berbagai macam tipe aplikasi Android seperti Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, dan yang terbaru Lollipop.2.2.7 SIKLUS HIDUP APLIKASI ANDROIDSiklus hidup aplikasi Android dikelola oleh sistem, berdasarkan kebutuhanpengguna, sumberdaya yang tersedia, dan sebagainya.2.1.8 GOOGLE MAPGoogle Maps merupakan sebuah layanan peta dunia virtual berbasis webyang disediakan oleh Google. Layanan ini gratis dan dapat ditemukan dihttp://maps.google.com.2.2.9 KELEBIHAN ANDROIDSangat banyak kelebihan Android, seperti :

a.   Multitaskingb.   Akses mudah terhadap ribuan aplikasi Android lewat Google Play Storec.   Pilihan Ponsel yang beraneka ragam.2.3 iOS2.3.1. PENGERTIAN iOSiOS sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.2.3.2. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN iOS

Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

2.3.3 KELEBIHAN iOSAda 4 hal yang membuat iOS lebih unggul dibanding Android, seperti :a.   Kualitas Aplikasib.   Layanan Purna Jualc.   Desain Hardwared.   Perhatian MediaBAB IIIMETODE PENELITIAN

3.1. TEMPAT DAN WAKTU PENULISAN

Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan survey ke tempat-tempat dimana lokasi wisata di Indonesia berdasarkan hasil pencarian di internet berada sebagai pengumpulan data beserta gambar dokumentasi.3.2. BAHAN DAN ALAT PENELITIANBahan yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi seluler wisata dan kuliner di Indonesia ini adalah sebagai berikut:1. BAHAN            Spesifikasi bahan/data dalam penelitian ini yaitu semua data yang ada pada wisata di Indonesia yaitu berupa data kontak telepon, email, situs resmi, kemudian gambar dan kordinat lokasi.2. ALATKebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak dalam penelitian:a.         Hardware1)           Komputer atau Laptop, Minimum hardware: 500 MHz, 512 MB RAMb.         Software11)   Sistem operasi Microsoft Windows 7 dan Linux Oneric ocelot22)   Notepad ++.33)   Web browser seperti: Firefox, Chrome, Safari.44)   Dreamwever Cs 3.55)  XAMPP sebagai perancangan basis data.66)   Adobe Photoshop CS3 sebagai pendesainan iconnya.77)   Visual Paradigm for UML 9.0 Enterprise Edition digunakan untuk perancangan system.88)   PNGGauntlet dan Paint Sebagai editor dan kompresi poto atau gambar.99)   Microsoft Office digunakan untuk membuat laporan.3.3. METODE PENGUMPULAN DATA11)   Studi Pustaka.Mempelajari buku, artikel dan situs internet serta referensi lain yang terkait dengan Pembuatan Aplikasi seluler berbasis Android dan iOS.22)   Survey / ObservasiMungumpulkan data dengan cara pengamatan langsung terhadap semua kebutuhan yang diperlukan pada obyek penetian,tidak terkecuali hardware, software dan brainware yang mendukung Pembuatan Aplikasi seluler berbasis Android dan iOS.33)   Wawancara / InterviewMelakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak pengelola wisata terkait dengan Pembuatan Aplikasi lokasi wisata di Indonesia44)   Dokumentasi / KearsipanMelakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak pengelola wisata terkait dengan Pembuatan Aplikasi lokasi wisata di Indonesia.55)   Dokumentasi / KearsipanMelakukan dokumentasi rencana kerja, dokumentasi kegiatan yang dikerjakan, dokumentasi hasil kerja (yang berhasil maupun error), dokumentasi hasil akhir bentuk dalam laporan ataupun aplikas yang siap digunakan.4. IMPLEMENTASIBagian ini akan menjelaskan mengenai batasan implementasi, lingkunganperangkat keras dan perangkat lunak, serta implementasi yang dilakukanberdasarkan hasil pada tahap perancangan. Penjelasan pada subbab ini meliputilingkungan pengembangan yang digunakan, batasan implementasi dan proseshasil implementasi.4.1 LINGKUNGAN PENGEMBANGANAplikasi ini dikembangkan dengan spesifikasi perangkat keras danperangkat lunak sebagai berikut :4.1.1 SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS4.1.2 SPESIFIKASI PERANGKAT LUNAK4.2 BATASAN IMPLEMENTASIBatasan dalam melakukan implementasi aplikasi wisata Indonesia adalahaplikasi akan berjalan minimal pada OS Android 2.24.3 IMPLEMENTASI KELASSetiap kelas pada aplikasi diimplementasikan dalam bahasa java, dimanasetiap kelas utama akan diimplementasikan dalam sebuah file. Kelas yangdiimplementasikan mengacu pada perancangan yang telah dilakukan.4.4 IMPLEMENTASI DATABASE XML4.5 IMPLEMENTASI ANTAR MUKA4.5.1 ANTAR MUKA SPLASHTampilan awal dari aplikasi wisata Indonesia. Tampilan splash untuk beberapa detik sebelum masuk ketampilan depan.4.5.2 ANTAR MUKA TAMPILAN DEPANTampilan depan aplikasi wisata Indonesia. Pada tampilan ini terdapat button mulai jelajah Indonesia.4.5.3 ANTAR MUKA MAINWISATA INDONESIA.tampilan menu utama pada aplikasi wisata Indonesia. Antar Muka ini menampilkan tempat wisata Indonesia dalam bentuk Grid View.4.5.4 ANTAR MUKA GALERI FOTOTampilan galeri foto tempat wisata sesuai yang telah dipilih pengguna ditampilan MainWisataIndonesia.4.5.5 ANTAR MUKA RUTE WISATATampilan rute wisata dari lokasi pengguna. Tampilan peta berikut merupakan tampilan dari google map.4.5.6 ANTAR MUKA INFO WISATAtampilan info tempat wisata sesuai yang telah dipilih pengguna di tampilan MainWisataIndonesia.4.5.7 TAMPILAN ANTAR MUKA KALENDER ACARATampilan kalender acara yang terdapat di Indonesia. Nama, tanggal dan tempo hari acara ditampilkan dalam list view.4.5.8 ANTAR MUKA DESKRIPSI ACARATampilan Deskrisi Acara yang sebelumnya telah dipilih pengguna di tampilan kalender acara.DAFTAR PUSTAKAhttp://www.idntimes.com/mela/kamu-pasti-belum-tahu-7-tempat-wisata-tersembunyi-nan-indah-di-jawa-timur-inihttp://nahlbee.blogspot.co.id/2015/04/6-tempat-wisata-terindah-berjuluk-surga.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_versi_Androidhttp://playtoko.com/hub/4-kelebihan-ios-yang-dapat-membuat-iri-pengguna-android.5370/

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *