miyokguk

Posted on June 18, 2016 by miyokguk

Pada uji usabilitas, beberapa faktor dari aplikasi diuji seperti learnability, efficiency, memorability, errors, satisfaction, dan beberapa faktor lain.

  • Learnability adalah mudah atau tidaknya pengguna dalam mempelajari aplikasi tersebut.
  • Efficiency adalah keefisienan aplikasi dalam menjalankan task yang dilakukan oleh pengguna.
  • Memorability adalah kemudahan pengguna untuk mencapai tingkat kemahiran penggunaan sebelumnya setelah tidak memakai aplikasi tersebut selama beberapa waktu.
  • Errors merupakan ada atau tidaknya bug atau gangguan dari aplikasi selama penggunaannya.

Satisfaction adalah tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi.

Beberapa faktor tersebut berpengaruh terhadap tingkat usabilitas dari aplikasi sehingga pengujian dilakukan berdasarkan faktor-faktor tersebut. Tujuan inspeksi usabilitas ini adalah untuk mengetahui seberapa baik aplikasi tersebut melakukan task yang dilakukan oleh pengguna. Continue reading Uji Usabilitas-Tiket.com

Posted in Heuristic Evaluation, Testing in HCILeave a comment

Posted on June 16, 2016 by miyokguk

Masalah Usabilitas:

Tidak terdapat error recover setelah mengisi data dan ingin dilakukan perubahan penerbangan.

Deskripsi masalah usabilitas:

Ketika ingin kembali ke halaman pemesanan (belum melakukan finish checkout, yang artinya tiket belum resmi di booking), kemudian melakukan pemesanan dengan schedule dan data yang sama, muncul pesan error bahwa melakukan pemesanan yang sama tidak diperbolehkan, hal ini justru akan menyulitkan user yang ingin memesan tiket tersebut.

Saran perbaikan: Continue reading Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors – Tiket.com

QuotePosted in Heuristic Evaluation, Testing in HCI2 Comments

Posted on June 16, 2016 by miyokguk

Masalah Usabilitas:

Bahasa yang digunakan tidak konsisten.

Deskripsi masalah usabilitas:

Ketika Bahasa yang dipilih adalah English, kalimat berbahasa Indonesia tetap muncul di halaman Passenger Information, Bahasa yang digunakan tidak konsisten sehingga menimbulkan kesan bahwa aplikasi tersebut dibuat seadanya.

Saran perbaikan:

Disediakan pilihan bahasa. Jika user Continue reading Consistency and Standard – Tiket.com

Posted in Heuristic Evaluation, Testing in HCI2 Comments

Posted on June 16, 2016 by miyokguk

Masalah Usabilitas:

Tidak terdapat fungsi undo

Deskripsi masalah usabilitas:

Fungsi undo merupakan salah satu fungsi yang penting pada sebuah aplikasi, terutama bagi pengguna awam dan baru pertama kali memakai aplikasi tersebut. Tidak adanya fungsi undo ketika user melakukan kesalahan pada pengisian data penumpang akan menimbulkan masalah dan kebingungan pada user.

Saran perbaikan:

Disediakan fungsi undo, sehingga ketika user melakukan kesalahan pada pengetikan data penumpang, dapat langsung diperbaiki. Continue reading User Control and Freedom – Tiket.com

Posted in Heuristic Evaluation, Testing in HCILeave a comment

Posted on June 16, 2016 by miyokguk

“Sistem harus selalu menginformasikan pada pengguna apa yang sedang terjadi, melalui pesan yang baik dan waktu yang sesuai.”

Masalah Usabilitas:

Tampilan iklan lebih mencolok daripada fungsi utama aplikasi.

Halaman Utama Tiket.com

Deskripsi masalah usabilitas:

Saat pertama kali membuka aplikasi, pandangan user langsung tertuju pada iklan.  Membutuhkan waktu beberapa detik untuk menemukan tab pencarian tiket.

Saran perbaikan:

Seharusnya tab pencarian Continue reading Visibility of System Status- Tiket.com

Posted in Heuristic Evaluation, Testing in HCI1 Comment

Posted on June 15, 2016 by miyokguk

“Heuristik secara umum adalah melakukan prosedur analitis yang dimulai dengan perkiraan yang tepat dan mengecek ulang sebelum memberi kepastian. (http://kbbi.co.id/arti-kata/heuristis)”

Sedangkan dalam Interaksi Manusia dan Komputer Heuristik adalah teknik untuk mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan rancangan antarmuka. Metode ini di kembangkan oleh Jakob Nielsen [NIE-12] berdasarkan pengalaman mengajar dan konsultasi selama beberapa tahun pada bidang usability.

Terdapat 10 Prinsip dalam mengidentifikasi masalah rancangan antarmuka yang dikemukaan oleh Nielsen:

1. Visibility of System Status

Sistem harus selalu menginformasikan pada pengguna apa yang sedang terjadi, melalui pesan yang baik dan waktu yang sesuai. Continue reading Evaluasi Heuristik

Posted in Heuristic Evaluation, Testing in HCITagged Heuristic EvaluationLeave a comment

Posted on February 19, 2016 by miyokguk

Antarmuka atau interface merupakan peralatan atau program yang digunakan untuk menghubungkan beberapa alat yang tidak sama (hardware, software dan brainware), yaitu dengan mengubah bentuk sinyal yang lewat dalam sistem komputer sehingga masing-masing dapat saling  berkomunikasi.

Fungsi antarmuka pengguna sendiri adalah untuk mempermudah pengguna dalam melihat suatu program yang sedang berjalan tetapi seringkali antarmuka pengguna justru tidak berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dari segi kemudahan. Seringkali antarmuka pengguna justru membuat bingung pengguna yang melihatnya.

Berikut ini beberapa contoh antarmuka pengguna yang menyebalkan dan membuat bingung:

Tidak Jelas Letak Header,Navigasi dan Content

Situs ini saya temukan dari blok lain, ketika membuka situs ini kita akan “hadapkan” dengan image gift yang banyak dan mengganggu, tulisan yang tidak jelas, serta perpaduan warna yang tidak sesuai. (http://phat.distort.org ) Continue reading ANTARMUKA PENGGUNA YANG “MENYEBALKAN”

Posted in Uncategorized1 Comment

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *